Rute Baru Wira-Wiri Suroboyo, Bisa ke Masjid Al Akbar Surabaya dan Pasar Atom Mall

Masjid Al- Akbar Surabaya

Akhir tahun 2024 ini, wira-wiri Suroboyo meluncurkan tiga rute sekaligus.


Rute-rute tersebut sangat dinanti oleh banyak masyarakat Surabaya karena menghubungkan berbagai tempat penting. Rute baru wira-wiri yang diluncurkan juga terintegrasi dengan beberapa rute lain, tak hanya wira-wiri tapi juga Suroboyo Bus dan Trans Semanggi. Alhasil, banyak masyarakat Surabaya yang penasaran dengan rute tersebut.

Rute pertama adalah FD 04 dari arah SIER menuju ke Kotalama via Joyoboyo. Sebenarnya, rute FD 04 sudah pernah ada dulu dengan nama Kedung Asem – Gunung Anyar. Namun, rute tersebut digabung dengan rute FD 03 sehingga FD 04 hilang sementara waktu. Kini, FD 04 kembali dengan rute yang berbeda. Rute ini juga melewati banyak tempat penting, seperti Pasar Atom, ITC Mega Grosir, Plasa Marina, dan Kotalama.

Rute FD 04 - IG wira-wiri Suroboyo

Rute kedua adalah FD 09. Rute ini memulai perjalanan dari Terminal Menanggal menuju ke Terminal Manukan. Keberadaan rute ini menghubungkan wilayah Surabaya Selatan dan Utara yang belum bisa dijangkau oleh Suroboyo Bus. Wilayah tersebut antara lain Gayungsari, Jambangan, Ketintang, dan tentunya Manukan. Tak hanya itu, rute ini juga melewati beberapa tempat penting seperti Masjid Al Akbar Surabaya.

Rute FD 09 - IG wira-wiri Suroboyo

 
Rute ketiga yang diluncurkan pada akhir tahun ini adalah FD 10. Rute ini juga dinanti oleh banyak masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah Surabaya Timur. Lantaran, wira-wiri FD 10 menghubungkan wilayah Surabaya Utara dan Surabaya Timur. Banyak sekolah dan kampus yang terhubung oleh rute ini. Ada juga beberapa rumah sakit yang belum bisa dijangkau oleh transportasi umum akhirnya bisa dilayani oleh rute ini. Rute ini memulai perjalanan dari Pasar Atom Mall menuju ke daerah Keputih Surabaya melewati Karang Menjangan.

Rute FD 10 - IG wira-wiri Suroboyo



Nah, dengan adanya tiga rute baru tersebut, maka saya bisa merekomendasikan rute jalan-jalan di Surabaya selama sehari menggunakan transportasi umum. Perlu diketahui, rute yang saya piih menggunakan wira-wiri dan Suroboyo Bus. Artinya, tiket integrasi berlaku selama 2 jam. Tarif angkutan ini adalah 5.000 untuk umum, 2.500 untuk pelajar/mahasiswa, dan gratis bagi lansia di atas 60 tahun dengan menunjukkan KTP.

Lalu, ke mana saja jalan-jalan ke Surabaya dengan angkutan umum selama sehari?

Pertama, Masjid Al Akbar Surabaya

Perjalanan dimulai dari Terminal Bungurasih. Di sini, kita bisa naik Suroboyo Bus. Haltenya sekarang berada di jalur bus kota lajur nomor 4 dekat dengan Trans Jatim. Saat naik Suroboyo Bus, kita bisa turun di Halte Dukuh Menanggal yang berada di sebelah Mall Cito.

Di sini, kita bisa oper wira-wiri FD 09 yang berangkat dari Terminal Menanggal. Tidak perlu bayar lagi tinggal serahkan tiket Suroboyo Bus kepada kondektur wira-wiri. Perjalanan naik wira-wiri cukup sebentar karena jaraknya tidak jauh. Nantinya, kita bisa turun di Halte Masjid Al Akbar yang berada di seberang Pasar Rakyat Jambangan.

Dari halte ini, kita tinggal jalan kaki sebentar ke pintu masuk masjid. Berbagai kegiatan bisa kita lakukan seperti salat atau berfoto di depan masjid. Jika ingin kulineran, kita bisa menuju Pasar Rakyat Jambangan yang menyediakan aneka jajanan dan minuman.


Kedua, Kebun Binatang Surabaya

Setelah puas berjalan-jalan di Masjid Al Akbar, kita bisa kembali ke Halte Masjid Al Akbar. Di sini, kita naik wira-wiri FD 09 kembali yang menuju ke arah Terminal Manukan. Jika waktu tiket sebelumya belum habis, maka kita tidak perlu bayar lagi. Namun, jika sudah habis, maka kita harus bayar lagi.

Patung sura dan buaya KBS


Rute wira-wiri FD 09 ini nanti akan langsung menuju ke KBS. Sebelumnya, angkutan ini melewati Royal Plaza dan Terminal Joyoboyo. Jadi, kita tak perlu oper-oper lagi dan langsung turun di Halte KBS. Haltenya berada di sebelah utara patung sura dan buaya dekat pintu masuk. Banyak atraksi menarik dari satwa yang berada di dalam KBS bisa kita nikmati.


Ketiga, Pasar Atom Mall

Setelah puas melihat satwa di KBS, kita bisa kulineran di Pasar Atom Mall. Tak lengkap rasanya jika ke Surabaya tidak kulineran di pasar legendaris ini. Cakuwe yang hangat menjadi daya tarik dari pasar yang juga memiliki kolam renang tersebut.

Dari KBS, kita kembali ke Halte KBS untuk naik wira-wiri FD 04. Rute ini akan melewati daerah Darmokali, Dinoyo, sekitar Gubeng, SMA Kompleks, Undaan, Gembong Tebasan, Kapasan, dan Kapasari. Sebelum ke Pasar Atom, rute ini juga melewati ITC Mega Grosir Surabaya. Makanya, kita bisa singgah ke sini dulu sebelum ke Pasar Atom.

Halte Wira-wiri di Pasar Atom Mall


Letak halte Pasar Atom sendiri ada dua. Pertama, halte dekat pintu masuk seberang ITC di Jalan Bunguran. Kedua, halte di pintu masuk seberang Stasiun Surabaya Kota. Jika ingin langsung menuju Foodcourt, maka sangat disarankan untuk turun di halte pintu seberang ITC.

Keempat, Kotalama Surabaya

Saat cuaca sudah tidak terlalu panas, maka kita bisa menuju ke Kotalama Surabaya. Dari dalam Pasar Atom Mall, kita kembali ke pintu masuk untuk naik wira-wiri FD 04 kembali. Jarak dari Pasar Atom ke Kotalama tidak jauh hanya berputar di sekitar Jalan Siaga dan Jalan Waspada. Nantinya, kita bisa turun di Terminal Kasuari yang berada di seberang Museum Bank Indonesia.’Untuk menuju ke Kotalama, kita tinggal berjalan kaki sebentar.

Terminal Kasuari Kotalama


Jika sudah puas dan ingin pulang kembali ke Bungurasih, kita bisa menuju ke Halte Jembatan Merah. Di sana, kita bisa naik Suroboyo Bus menuju Bungurasih. Kalau belum puas, kita bisa jalan-jalan menikmati malam di Jalan Tunjungan dengan turun di Halte Siola. Apabila mau ke Alun-alun Surabaya, maka kita bisa turun di Halte Gubernur Suryo. Intinya, destinasi jalan-jalan di luar ruangan seperti Kotalama, Jalan Tunjungan, atau Alun-alun sangat disarankan dilakukan saat sore atau malam hari agar tidak panas.

Bagaimana? Tertarik mencoba?

Post a Comment

Next Post Previous Post