7 Alat Outdoor Games Edukatif untuk Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi- Unsplash

 

Tumbuh kembang anak dapat mempengaruhi kehidupannya di masa mendatang. Semakin baik jalannya proses tersebut, maka peluang anak lebih siap menghadapi masa depannya juga akan semakin besar. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kamu perlu mendukungnya dengan memanfaatkan pengajuan kartu kredit.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membeli beragam alat permainan edukatif outdoor atau luar ruangan. Apa saja alat permainan tersebut? Inilah uraian yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahuinya

Ragam APE untuk Dibeli dengan Pengajuan Kartu Kredit

Alat permainan edukatif atau APE merupakan alat bermain yang dapat membantu proses tumbuh kembang anak. Itulah mengapa APE perlu dimiliki demi mendukung kehidupannya di masa mendatang.

Ada beragam jenis APE yang bisa dipertimbangkan. Misalnya adalah tujuh APE luar ruangan di bawah ini:

       Perosotan

Perosotan adalah salah satu APE luar ruangan yang paling sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Bentuknya pun beragam, mulai dari tunggal dengan perosotan lurus hingga berbentuk rumah dan memiliki beberapa perosotan yang berkelok-kelok.

Perosotan seperti ini bisa melatih motorik tangan dan kaki anak saat harus menaikinya. Selain itu, perosotan bisa melatih kecerdasan spasialnya terutama saat anak meluncur.

Perosotan juga bisa membantu anak untuk menyeimbangkan koordinasi gerak tubuhnya. Di awal, mungkin anak akan kesulitan untuk menaiki perosotan karena koordinasi geraknya belum seimbang. Namun, hal tersebut akan berkurang secara perlahan karena anak semakin terlatih.

       Ayunan

APE lain yang bisa dipertimbangkan adalah ayunan. Meski menyenangkan, ayunan dapat membuat sebagian anak merasa ketakutan. Namun bila dilatih secara perlahan, anak bisa belajar untuk menghadapi ketakutan dan kecemasannya.

Selain itu, ayunan juga bisa mengajarkan banyak hal lainnya bagi anak. Misalnya adalah pentingnya keselamatan dengan memegang tali ayunan agar anak tidak terlempar. Lalu, anak juga akan belajar melatih gerak tubuhnya bila berusaha untuk menggerakkan ayunannya sendiri.

Bagaimanapun juga, kamu perlu mencari ayunan yang sesuai umur anak agar lebih aman. Kalau anak masih terlalu kecil sehingga belum memahami cara memegang tali, kamu bisa membelikannya ayunan dengan pengaman terlebih dahulu sebagai pengenalan.

       Monkey Bar

Monkey bar adalah palang-palang yang disusun secara horizontal di atas ketinggian tertentu. Cara memainkannya adalah dengan bergelantungan di palang-palang tersebut. Lalu, anak bisa maju dengan menggerakkan tangannya ke depan.

Dari cara mainnya, dapat diketahui bahwa permainan ini melatih kekuatan tangan anak. Tak hanya itu, permainan ini juga dapat melatih koordinasi tangannya sehingga anak bisa maju ke depan. Itulah mengapa monkey bar perlu dibeli setelah apply kartu kredit online.

Monkey bar mempunyai ukuran yang beragam. Kamu bisa memilih monkey bar dengan tinggi yang cukup membuat anak bergelantungan. Panjang monkey bar juga bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

       Jungkat-jungkit

Jungkat-jungkit merupakan APE lain yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Permainan ini perlu dimainkan oleh dua orang agar bisa bergerak. Bahkan ada juga yang bisa dimainkan hingga empat orang.

Dengan bermain jungkat-jungkit, otot kaki anak akan lebih terlatih untuk menolak dan menumpu badannya. Selain itu, anak bisa melatih kemampuan sosialnya untuk berinteraksi dengan orang yang menjadi teman bermain APE ini.

Jungkat-jungkit juga bisa mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah. Hal ini disebabkan terkadang jungkat-jungkit berat sebelah sehingga anak perlu mencari cara agar tetap bisa memainkannya. Alasan-alasan inilah yang membuat jungkat-jungkit perlu dibeli setelah Apply Kartu Kredit.

Ilustrasi. - Unsplash

       Trampolin

Trampolin merupakan salah satu permainan yang menyenangkan bagi anak. Dengan permainan ini, anak bisa lompat-lompat sepuasnya. Supaya lebih aman, kamu bisa membeli trampolin yang dilindungi oleh jaring di sekelilingnya. Dengan demikian, anak tidak terlempar keluar.

Dengan trampolin, anak akan melatih kekuatan kakinya agar bisa melompat. Selain itu, anak juga akan belajar fisika sederhana, yaitu kekuatan tolakan kaki akan mempengaruhi ketinggian lompatan.

Trampolin juga akan mengajarkan anak untuk menghadapi ketakutannya. Jadi, anak akan lebih berani di kemudian hari dan tak mudah ragu untuk menghadapi tantangan.

       Panjat Tali

Panjat tali merupakan APE yang berbentuk jaring-jaring. Cara memainkannya adalah dengan memanjat jaring-jaring tali tersebut dan menuruninya di sisi satunya. APE inipun perlu dimiliki dengan memanfaatkan pengajuan kartu kredit.

Panjat tali dapat melatih kekuatan motorik kaki dan tangan anak agar bisa menaiki serta menuruninya. Selain itu, koordinasi serta keseimbangan anak juga akan dilatih dalam permainan ini.

       Tangga Pelangi

Tangga pelangi adalah APE yang berbentuk tangga dan melingkar seperti pelangi. Cara memainkannya cukup sederhana, yaitu anak akan menaiki tangga tersebut dan menuruninya di sisi lain.

Tangga ini dapat melatih koordinasi gerak tangan serta kaki pada anak. Selain itu, tangga tersebut juga dapat membuat anak lebih berani menghadapi ketakutannya terutama terhadap ketinggian.

Jadi, ada beragam alat permainan edukasi atau APE yang bisa dimiliki untuk tumbuh kembang anak. Supaya dapat membelinya dengan lebih praktis, pengajuan kartu kredit perlu dilakukan terlebih dahulu.

Jika kamu ingin Apply Kartu Kredit yang gampang, maka Kartu Kredit Digital digibank adalah jawabannya. Kamu bisa langsung bertransaksi setelah verifikasi berhasil. Transaksi juga bisa diubah menjadi cicilan sampai 60 bulan.

Sangat menarik, bukan? Hal-hal tersebut hanya bisa didapatkan kalau kamu melakukan pengajuan Kartu Kredit Digital digibank yang merupakan online credit card pertama di Indonesia. Klik di sini untuk mengetahui informasi selanjutnya dan segera beli alat permainan edukatif luar ruangan demi tumbuh kembang anak!

Post a Comment

Next Post Previous Post