6 Jenis Nat Keramik yang Penting Diketahui

Ilustrasi. - Pixabay


Sentuhan material lantai hampir pasti selalu ada di berbagai jenis bangunan. Maka dari itu, tentu Anda tidak asing mendengar istilah nat keramik (pelapis lantai). Nat merupakan aspek material bangunan yang digunakan untuk mengisi celah-celah lantai. Jenis nat juga bervariasi tergantung kebutuhan dan material lantai yang digunakan.

Pada artikel kali ini, Anda akan diberikan informasi tentang berbagai jenis pelapis lantai (nat) beserta fungsinya. Tujuannya agar Anda dapat lebih memahami cara memasang dan merawat nat keramik yang digunakan.

Jenis-Jenis Nat Keramik

Di dalam proses pemasangan keramik, baik keramik lantai maupun keramik dinding, pasti punya celah yang harus diisi agar pemasangannya sempurna. Maka dari itu, berbagai variasi nat juga didasarkan atas dasar cara pemasangan. Berikut ini variasi nat keramik yang perlu Anda ketahui.

       Nat Epoksi

Variasi nat yang pertama ada nat epoksi yang menjadi pilihan terbaik untuk pemasangan keramik lantai DIY (do it yourself). Kelebihan nat jenis ini adalah sangat tahan lama, tak berpori dan tahan dengan bahan-bahan kimia.

Nat epoksi biasanya digunakan pada bangunan lantai atau dinding keramik industri. Karena varias nat satu ini terkenal fleksibel dan kokoh, yang mana material pilihan nomor satu untuk bangunan industrial dan komersial.

       Nat Semen

Dikenal juga sebagai nat yang diamplas, nat semen jadi variasi nat berikutnya. Nat jenis ini sering digunakan untuk sambungan lantai keramik interior, sambungan lantai big slab, dan area lantai dengan tingkat aktivitas tinggi.

Variasi nat semen ini umum digunakan di berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah, kantor dan sejenisnya. Alasannya karena nat semen terkenal dengan tahan lama dan kandungan pasir yang sedikit.

       Nat Tanpa Pasir

Jika sambungan lantai bangunan tipis, variasi nat yang direkomendasikan adalah nat tanpa pasir. Sambungan lantai yang tipis biasanya digunakan untuk bangunan lantai kamar mandi dan dinding shower.

Hal ini dikarenakan nat tanpa pasir tahan terhadap kelembaban dan meminimalisir tumbuhnya jamur pada area pemasangan. Maka dari itu, nat tanpa pasir lebih cocok menjadi sambungan keramik yang tipis seperti di area kamar mandi dan dapur.

       Nat Resin Furan

Variasi nat berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah nat resin furan yang biasa digunakan pada bangunan pabrik. Dibuat menggunakan bahan polimer alkohol furfuril, membuat nat jenis ini tahan terhadap berbagai kerusakan yang diakibatkan asam, abrasi, dan bahan kimia lainnya.

Selain itu, variasi nat resin furin tahan terhadap paparan suhu panas yang terus-menerus hingga 176 derajat celcius. Tidak heran jika nat jenis ini berfungsi dengan baik jika digunakan di area bangunan pabrik.

       Nat Komponen Tunggal

Berikutnya, ada variasi nat komponen tunggal yang mana disebut juga nat uretan atau resin akrilik-silikon. Nat jenis ini cukup mudah kering terkena angin dan biasanya digunakan pada area aplikasi lantai kamar mandi atau dapur rumah.

Untuk hasil perekatan nat yang lebih kuat, Anda dapat menggunakan epoxy grout terbaik, yaitu SikaCeram®-850 Design. Epoxy grout yang cocok digunakan pada area kering hingga basah seperti dapur, kamar mandi, dan sebagainya

       Nat Resin Polimer Pracampur

Variasi nat keramik terakhir adalah nat resin polimer pracampur alias produk nat siap pakai untuk sambungan ubin. Sesuai dengan namanya, nat jenis ini membuat Anda tidak perlu lagi khawatir nat akan tercampur air.

Penggunaan nat resin polimer pracampur cocok untuk area dapur dan kamar mandi. Kemudahan dalam aplikasi dan harga relatif terjangkau menjadi keunggulan nat jenis ini.

  
Pixabay

Fungsi Nat Keramik

Kini, Anda telah mengetahui berbagai jenis nat berdasarkan cara pengaplikasian dan kegunaannya. Selanjutnya, Anda juga wajib mengetahui fungsi-fungsi dari nat keramik. Selain menjadi alat penutup celah antar keramik, masih ada fungsi nat keramik berikutnya, antara lain:

       Mencegah Air Rembes

Terkadang, ketika memasang keramik lantai atau dinding kamar mandi, terjadi air merembes dari bawah keramik. Hal ini bisa disebabkan oleh permasalahan pada pencampuran bahan semen yang sulit tercampur.

Maka dari itu, di sini fungsi nat keramik yaitu sebagai salah satu cara agar air tidak rembes karena nat bisa bertujuan meratakan celah keramik. Jika Anda ada masalah di atas, Anda dapat mengatasinya dengan pemasangan nat yang benar.

       Menjadi Penentu Kekuatan Keramik

Pengaplikasian nat keramik juga dapat menjadi penentu dari kekuatan keramik. Jika nat terpasang dengan baik, peluang keberhasilan nat membuat keramik lebih kokoh akan lebih tinggi. Pencampuran antara nat yang bagus dan perekat keramik yang berkualitas akan membentuk area keramik lantai dan dinding yang kuat.

       Estetika Keramik Bertambah

Fungsi terpasangnya nat keramik juga bisa menambah estetika keramik itu sendiri. Terlebih jika memilih nat dengan jenis color fill, yang memiliki berbagai pilihan warna untuk keramik Anda, sehingga nat keramik akan terlihat lebih indah dan estetik.

Kesimpulan

Jadi, nat keramik merupakan proses yang kegunaannya sangat penting pada pemasangan lantai atau dinding keramik dan nat keramik juga banyak ragam jenisnya. Kualitas nat keramik akan semakin kuat dan kokoh apabila dibantu dengan epoxy grout yang bagus juga.

Salah satu produk yang bisa Anda andalkan yaitu SikaCeram®-850 Design, dengan berbagai keunggulan produknya yang cocok untuk pemasangan keramik lantai/dinding di area interior. Selain itu, penggunaannya yang mudah hanya dengan cartridge gun, tapi produk ini memiliki ketahanan terhadap abrasi dan bahan kimia.

Jika Anda memakai produk dari Sika, maka tidak perlu ragu dengan kualitas karena sudah berpengalaman sebagai waterproofing semen pertama di Indonesia selama 113 tahun. Proyek-proyek internasional maupun domestik sudah dikerjakan, contohnya saja bangunan Pusat Perbelanjaan di Campania, Italia.

Yuk, pakai produk Sika sekarang juga! Gabungkan dengan jenis nat terbaik untuk bangunan Anda! Untuk informasi lengkap produk dan cara pembeliannya, klik di sini!

Post a Comment

Next Post Previous Post