ASUS Expert Book Series, Pilihan Berbisnis yang Aman dan Nyaman dengan Berbagai Kemudahan

ASUS Expert Book Series
ASUS Expert Book Series

Sebagai pengelola bimbingan belajar, kadang saya bingung untuk mencari laptop yang bisa digunakan untuk kegiatan operasional.

Faktor keamanan, ketahanan, keawetan, dan kemudahan menjadi patokan saya dalam memilih laptop. Untung saja, sekarang ASUS mengeluarkan Expert Book Series yang menjadi jawaban atas kegundahan hati saya selama ini. Saya dan tim bimbel bisa bekerja dengan maksimal tanpa takut gangguan kemanan data maupun gangguan lainnya.

Pada Kamis, 16 Mei 2024 lalu, saya berkesempatan mencoba beberapa ASUS Expert Book Series yang memang ditujukan bagi pelaku bisnis (B2B). ASUS memang sudah lama dipercaya sebagai produsen perangkat teknologi yang handal. ASUS telah memasok lebih dari sepertiga pasar motherboard, memimpin pangsa pasar graphic cards, penjualan laptop consumer, dan laptop gaming. Saya pun baru tahu jika ASUS juga mengembangkan laptop untuk kebutuhan bisnis yang ditunjang dengan berbagai keunggulan.

Apa saja keunggulan itu?

Fokus Pilar ASUS

Pertama adalah durability atau ketahanan. ASUS Expert Book Series telah berstandar military grade yang tentu kekuatannya sudah tidak diragukan lagi. Berbagai piranti tersebut telah diuji hingga 28 item yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengujian serupa untuk merk lain. Ada 100 jenis pengujian untuk memastikan laptop ASUS bisa tahan lama.

Muhammad Firman selaku Head of Public Relation ASUS Indonesia menjelaskan mengenai ASUS Expert Book Series untuk menunjang kebutuhan bisnis.

Kedua adalah manageability atau pengelolaan. Manageability ini termasuk keamanan data yang dijamin oleh ASUS Expert Book Series. Setidaknya, ada beberapa tools yang terdapat di dalamnya seperti ASUS Control Center, driver command, dan BIOS Configuration Tools. Dengan berbagai tools tersebut, kita tidak perlu risau data kita kebobolan. Lantaran, ada beberapa tahapan untuk membuka data yang kita simpan. Fitur keamanan yang ditingkatkan membantu melindungi data dan aset perusahaan dari ancaman seperti malware dan serangan phishing.

Fokus Pilar ASUS

ASUS Expert Book Series juga didukung oleh Intel vPro. Platform teknologi ini dikembangkan oleh Intel untuk meningkatkan manajemen dan keamanan pada perangkat komputer khususnya PC bisnis. Dengan adanya Intel vPro, maka ASUS Expert Book Series memiliki kemampuan dalam manajemen jarak jauh. Tim IT dapat mengakses, memperbaiki, dan memperbarui sistem komputer tanpa harus berada di lokasi yang sama dengan perangkat tersebut.




Ketiga adalah service. Saat menjalankan bisnis, tentu waktu adalah uang. Jika ada masalah atau hal-hal teknis yang ingin ditanyakan seputar ASUS Expert Book Series, maka pengguna piranti ini tidak perlu datang ke service center. Lantaran, ada layanan wider on-site service coverage. Artinya, pengguna tinggal menghubungi service center dan teknisi akan datang untuk membantu. Bahkan, layanan ini tersedia hingga dalam radius 150 km dari service center. Sungguh kemudahan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis atau instansi.

Gathering Expert SBY bersama blogger Surabaya. - Dok. Tim ASUS Indonesia


Tidak hanya itu, ASUS Expert Book Series juga termasuk full part warranty. Artinya, semua komponen dalam ASUS Expert Book Series akan masuk dalam cakupan garansi. Tidak hanya komponen tertentu saja. Masa garansi ASUS Expert Book Series juga lebih panjang dari laptop kebanyakan, yakni 5 tahun sejak masa pembelian.

Lalu, apa saja ASUS Expert Book Series yang bisa menjadi pilihan?

Convertible Mobile Workstation ExpertBook B6 Flip (B6602)

Nah, salah satu ASUS Expert Book Series yang membuat saya kepincut adalah ExpertBook B6 Flip (B6602). Saya tertarik dengan desainnya yang bisa dilipat sehingga sangat mudah digunakan untuk presentasi ke klien. Kita tak perlu memutar piranti tersebut seperti laptop kebanyakan sehingga presentasi yang kita lakukan bisa diterima dengan jelas dan mengefisiensi waktu.

Presentasi ke klien dengan ExpertBook B6 Flip (B6602). - Dok. Rahmah Chemist


Ternyata, ExpertBook B6 Flip (B6602) adalah convertible mobile workstation pertama di dunia yang ditenagai chip grafis NVIDIA Quadro RTX. Dengan tenaga tersebut, pengguna bisnis dapat melakukan berbagai kegiatan profesional yang memerlukan performa tinggi. Semisal, melakukan rendering grafis, simulasi, dan analisis data. Tampilan layar yang cerah juga membuat presentasi menjadi lebih lancar.

Tampilan layar yang cerah dari ExpertBook B6 Flip (B6602)

Dalam berbisnis, tentu kita membutuhkan ruang memori yang cukup besar. Saya dan tim bimbel sendiri membutuhkan banyak sekali kapasitas memori untuk menunjang aktivitas bimbel. Mulai dari penyimpanan data siswa, penyimpanan pernagkat pembelajaran, soal-soal, hingga data penting lainnya. Untungnya, ExpertBook B6 Flip ini memiliki RAM yang ditingkatkan hingga 128GB dan opsi penyimpanan hingga 2TB. Jadi, saya bisa membawa data penting bimbel untuk presentasi ke klien, semisal sekolah yang akan bekerja sama dengan dengan bimbel saya.


Spesifikasi ExpertBook B6 Flip (B6602F, 12th Gen Intel). - Dok. ASUS Indonesia


Selain ruang memori besar, tentu tim bimbel saya butuh keamanan data yang bisa diandalkan. Saya tidak mau privasi tenaga pengajar dan siswa bimbel saya bisa tersebar luas yang membuat mereka tidak nyaman. Untuk itulah, ExpertBook B6 Flip dilengkapi dengan fitur keamanan kelas enterprise sehingga data tetap aman. Mulai enkripsi hardware hingga fitur autentifikasi biometrik, maka akses tidak sah untuk masuk ke data kita bisa dicegah. Pekerjaan penting pun bisa terlindungi dengan baik.

Si Paling Ringan, ASUS ExpertBook B9 OLED

Dalam kaitannya dengan pendidikan ramah lingkungan, maka ASUS ExpertBook B9 OLED bisa jadi pilihan. ASUS ExpertBook B9 OLED menggunakan desain paduan magnesium-lithium premium sehingga sangat ringan dengan bobot sekitar 990 gram. Laptop ini digadang-gadang sebagai laptop paling ringan di dunia. Desainnya memang sangat ramah lingkungan dengan kamera berbasis AI yang sangat tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Bekerja dengan Laptop Paling Ringan ASUS ExpertBook B9 OLED

Tak hanya kamera berbasis AI, ASUS ExpertBook B9 OLED juga dilengkapi dengan pembatalan kebisingan. Artinya, kita bisa mengurangi kebisingan dari dua sisi, tidak hanya dari pengguna ASUS ExpertBook B9 OLED saja, tetapi dari pengguna lain saat melakukan rapat online.

ASUS ExpertBook B9 OLED

ASUS ExpertBook B9 OLED didukung oleh prosesor Intel® Core™ vPro® terbaru dan berbagai fitur keamanan tingkat perusahaan. Akurasi warna dan rasio kontras yang cukip tinggi, layar OLED menghidupkan visual, sementara rasio aspek 16:10 memberikan ruang yang luas untuk multitasking dan presentasi kepada anggota tim bimbel saya dalam bekerja.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9 OLED  - Dok. ASUS Indonesia

ExpertBook B5 (B5602) untuk Efisiensi

Salah satu pilihan lainnya dalam menunjang kebutuhan bisnis bimbel saya adalah ExpertBook B5 (B5602). Laptop ini merupakan laptop bisnis yang menggunakan layar OLED untuk menunjang aktivitas bisnis di mana dan kapan saja. Adanya layar OLED ini bisa menjadi fitur penting dalam menampilkan visual terbaik. Adanya reproduksi tajam dan tingkat kontras tinggi, layar tersebut sangat cocok untuk kebutuhan presentasi bimbel saya ke sekolah-sekolah.

ExpertBook B5 (B5602) untuk efisiensi
\


ExpertBook B5 (B5602)

Bobot laptop ASUS ExpertBook B5 (B5602) ini juga sangat ringan yakni hanya 1,4 kg. Ketebalannya pun hanya sekitar 19,95 mm. Makanya, laptop ExpertBook B5 (B5602) ini sangat tepat bagi para pekerja yang sering tugas di luar. Semisal, tim bimbel saya yang survei lokasi sekolah hingga ke pelosok kota untuk presentasi kelas-kelas bimbel. Bobot ringan dan desain yang ringkas memudahkan para tutor untuk membawa laptop ini ke mana saja, tanpa harus mengorbankan performa atau daya tahan baterai. ExpertBook B5 (B5602) juga didukung oleh prosesor 13th Gen Intel Core dan dukungan Intel vPro. Laptop ini mampu menangani berbagai tugas bisnis dengan efisien.


Spesifikasi ExpertBook B5 (B5602)  - Dok. ASUS Indonesia

ExpertCenter D9 SFF (D900) untuk Pangkalan Data Andalan

Selain ASUS Expert Book Series, pada rangkaian acara ASUS Expert Gathering bersama blogger Surabaya kemarin juga dihadirkan desktop PC ExpertCenter D9 SFF (D900). Destkop PC ini memiliki desain ringkas dan minimalis untuk memaksimalkan produktivitas bisnis. Meski minimalis, tetapi keamanannya tak perlu diragukan. Salah satu software yang digunakan dalam piranti ini adalah software bersertifikasi ISV (Independent Software Vendor). Perangkat lunak ini dapat meningkatkan keandalan sistem ini dalam menjalankan aplikasi bisnis yang spesifik dan memerlukan sertifikasi khusus.

ExpertCenter D9 SFF (D900) ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-13 dan dukungan Intel vPro, desktop ini dirancang untuk menangani beban kerja yang berat sekalipun. Tidak hanya itu, desktop PC ini juga dapat tampil dengan kartu grafis NVIDIA GT1030 atau T600, menjadikannya pilihan yang solid untuk menjalankan aplikasi bisnis yang membutuhkan pemrosesan grafis ekstra. Adanya kemampuan ini menjadikan ExpertCenter D9 SFF (D900) sebagai pilihan yang tepat untuk berbagai kebutuhan bisnis, mulai dari pangkalan data andalan hingga desain grafis.

Country Product Marketing ASUS Commercial Aldy Ramadiansyah menjelaskan mengenai tool free design ExpertCenter D9 SFF (D900)

Kelebihan lain dari ExpertCenter D9 SFF (D900) adalah konektivitasnya yang sangat lengkap. ExpertCenter D9 SFF (D900) memiliki berbagai pilihan port dan konektor sehingga memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan tanpa masalah. Jadi, jika ada perangkat tambahan untuk menunjang kegiatan bimbel, maka banyak tentor bisa menggunakannya dengan leluasa. ExpertCenter D9 SFF (D900) juga dibuat tool free design. Artinya, kita bisa membuka perangkat tanpa banyak alat tambahan dan sangat mudah jika ingin membersihkannya.

Itulah beberapa seri laptop dan PC dari ASUS Expert Series. Oh ya, dalam kaitannya dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), ASUS ternyata telah membuka pabrik di Batam, Kepulauan Riau dan telah memproduksi sekitar 50 ribu unit produk pada 2023. Rencananya, pada 2024 ini target 60-65 ribu unit akan diproduksi. Meski diproduksi di dalam negeri, tetapi komponen yang digunakan sama dengan komponen produksi luar negeri sehingga kualitasnya pun juga sama. Maka, ASUS Expert Series memang pilihan tepat untuk menjalankan bisnis.

1 Comments

  1. Durability
    Manageability
    Service

    Daebaakkk memang tiga pillar ASUS. Sungguh ciamiikk. ga heran jadi market leader yakkkk

    ReplyDelete
Next Post Previous Post