Daftar Halte Transit Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri di Surabaya Timur

Halte SKG MERR

Wilayah Surabaya Timur merupakan salah satu wilayah penting di kota pahlawan.


Di sini, banyak sekali berdiri kampus-kampus unggulan baik negeri maupun swasta. Sutabaya Timur juga menjadi wilayah pengembangan baru perumahan. Berbagai kluster perumahan berada dibangun di wilayah Surabaya Timur terutama di sekitar garis pantai. 

Meski demikian, dibandingkan wilayah lain, Surabaya Timur memiliki akses transportasi yang cukup sulit. Banyak warga Surabaya merasa jika mereka menuju daerah Surabaya Timur, terutama yang berada di dekat pantai seakan jauh dari peradaban.

Namun, pembangunan jalan lingkar timur (MERR) menjadi salah satu titik kemajuan transportasi di Surabaya Timur. Berkat MERR yang membentang dari ujung utara sampai ujung selatan dan masuk Sidoarjo, wilayah Surabaya Timur tidak lagi menjadi wilayah yang terisolasi. Nah, beberapa waktu terakhir Pemkot Surabaya juga menyediakan angkutan umum di daerah ini.

Beberapa tempat bahkan menjadi halte transit beberapa transportasi umum. Berikut ini beberapa halte transit Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri di Surabaya Timur.

Terminal Bratang

Terminal ini merupakan terminal tipe C yang berada di Gubeng, Surabaya. Meski berada di Gubeng, tetapi Terminal Bratang menjadi akses masuk berbagai kendaraan umum menuju Surabaya Timur. Beberapa PO bus masih menjalankan rutenya dari Terminal Bungurasih menuju Terminal Bratang. Pusat kendali transportasi Surabaya atau Surabaya Intelligent Transport System (SITS) juga berada di sini. Bus- bus Trans Semanggi yang sudah tidak beroperasi juga berada di sini untuk dilakukan pengecekan secara berkala.

Feeder Wira-Wiri parkir di Terminal Bratang.

Di sini, ada dua rute Feeder Wira-Wiri yang beroperasi. Pertama adalah Feeder 03 dari arah Gunung Anyar menuju ke Terminal Joyoboyo. Kedua adalah Feeder 07 yang memulai perjalannya di sini menuju Stasiun Pasar Turi. Jadi, penumpang dari Surabaya Timur yang akan menuju Stasiun Pasar Turi bisa oper di sini.

Halte Ubaya Ngagel

Universitas Surabaya (Ubaya) adalah satu kampus andalan di Surabaya. Perguruan Tinggis Swasta ini memiliki dua kampus yakni Kampus Kalirungkut dan Kampus Ngagel. Nah, untuk kampus Ngagel ada dua rute Feeder Wira-wiri yang melintas. Pertama adalah Feeder 03 dari arah Joyoboyo menuju ke Gunung Anyar. Kedua adalah Feeder 07 dari arah Stasiun Pasar Turi menuju ke Terminal Bratang.

Penumpang daru arah Pasr Turi yang akan menuju wilayah Surabaya Timur seperti Gunung Anyar, Kedung Asem, Medokan Ayu, dan lain sebagainya bisa transit di sini. Jadi, halte ini adalah akses menuju Surabaya Timur dari arah Pasar Turi dan Gubeng.

Halte di Sepanjang Jalan Binangun

Di sepanjang Jalan Binangun yang terletak di sisi barat Terminal Bratang, ada tiga buah halte transit. Pertama adalah Halte Ruko Barata Jaya. Kedua adalah Halte Pegadaian Bratang Binangun. Ketiga adalah Halte Maybank Bratang Binangun.

Tiga halte ini juga menjadi transit Feeder 03 arah Joyoboyo dan Feeder 07 arah Stasiun Pasar Turi. Sama dengan rute yang ada di Terminal Bratang. Penumpang yang baru jalan-jalan dari wisata kuliner atau Taman Flora bisa memanfaatkan halte-halte tersebut.

Halte Kertajaya

Sesuai namanya, halte ini berada di Jalan Kertajaya. Jalan penting yang menghubungkan wilayah Surabaya Tengah dengan Surabaya Timur. Letak halte ini berada di depan UFO electronic. Di sini berhenti dua rute yakni Trans Semanggi arah ITS dan Feeder 07 dari arah Stasiun Pasar Turi menuju Terminal Bratang. Penumpang yang dari arah Pasar Turi bisa transit di sini jika akan menuju ITS.

Untuk halte di seberangnya, juga ada dua rute yang berhenti. Pertama adalah Trans Semanggi arah Unesa dan kedua adalah Feeder 07 arah Stasiun Pasar Turi. Penumpang yang dari arah ITS bisa transit di sini jika ingin ke Stasiun Pasar Turi.

Halte Kertajaya Indah

Halte ini berada di seberang Superindo Kertajaya atau dekat persimpangan Jalan Kertajaya Indah dan Jalan Ir. Soekarno (MERR). Halte ini merupakan tempat transit tiga rute.

Pertama adalah Trans Semanggi koridor 2 dari Unesa ke Laguna. Kedua adalah Trans Semanggi arah Gunung Anyar. Ketiga adalah Trans Semanggi arah Galaxy Mall/Unair C/Mulyorejo/Kenjeran. Jadi, penumpang dari arah Surabaya Pusat/Barat bisa transit di sini jika akan menuju Gunung Anyar atau Kenjeran.

Untuk halte seberangnya berada di dekat Superindo. Di sini melintas Trans Semanggi arah Unesa dan dua rute Trans Semanggi lain yakni ke arah Gunung Anyar dan arah Kenjeran.

Halte ITS

Sama dengan Halte Kertajaya Indah, Halte Indah, Halte ITS juga berfungsi mengubungkan beberapa rute Trans Semanggi. Namun, ada dua nama yang berbeda di sini. Pertama adlaah Halte Bundaran ITS.

Halte Bundaran ITS berada di sisi barat laut bundaran ITS. Di sini tidak ada tempat duduk dan infromasi rute. Hanya berupa palang bus stop saja. Hanya bus Trans Semanggi koridor 2 yang berhenti di sini. Penumpang yang akan oper ke Trans Semanggi koridor 3 bisa turun di sini lalu menyeberang ke Halte ITS.

Mahasiswa ITS menggunakan Trans Semanggi setelah beraktivitas di kampus.

Halte ITS berada di seberangnya. Di sini, ada tempat duduk dan info rute. Di sini juga melintas Trans Semanggi koridor 3 yakni ke arah Gunung Anyar dan arah Kenjeran. Sebelum naik, usahakan bertanya dulu ke sopir agar tidak salah naik bus.

Halte Pandugo

Halte Pandugo berada di Jalan Ir. Soeakrno (MERR). Tepatnya di dekat Jalan Pandugo. Halte ini menjadi halte transit Trans Semanggi dari arah Kenjeran menuju Gunung Anyar dan Feeder 03 dari arah Joyoboyo menuju Medokan Ayu dan Gunung Anyar.

Halte Pandugo yang tidak ada atapnya


Untuk halte di seberangnya berada di dekat Mixue Kedung Asem. Di sini melintas Trans Semanggi arah Kenjeran dan Feeder 03 arah Joyoboyo dan Bratang. Sayangnya, dua halte ini tidak memiliki tempat duduk dan atap sehingga penumpang harus menunggu dengan kepanasan.

Halte SKG MERR

Halte transit selanjutnya adalah halte SKG MERR. SKG merupakan kepanjangan dari Sentra Kriya Galeri yakni tempat untuk memasarkan produk UMKM Surabaya. Di sini juga melintas Trans Semanggi arah Kenjeran dan Feeder 03 arah Joyoboyo. Sementara, untuk halte di seberangnya melintas Trans Semanggi arah Gunung Anyar dan Feeder 03 ke arah Medokan Ayu.

Halte Gunung Anyar

Halte terakhir yang menjadi tempat transit adalah Halte Gunung Anyar. Halte ini menjadi terminasi atau pemberhentian Trans Semanggi dari arah Kenjeran dan Feeder 03 dari arah Joyoboyo. Letak halte ini berada di dekat Pasar dan Puskesmas Gunung Anyar. Halte ini menjadi halte paling ujung di Surabaya Timur.

Itulah beberapa halte transit penting di Surabaya Timur. Jika ingin bepergian, pastikan membawa air minum yang cukup karena area ini cukup panas dan haltenya banyak yang belum ada atapnya.

Post a Comment

Next Post Previous Post